PAKISTAN (Geografi dan kondisi Budaya)


Gambar

Pakistan ( پاکِستان)  secara resmi bernama Republik Islam Pakistan adalah sebuah negara di Asia Selatan. Negara ini memiliki garis pantai sepanjang 1.046-kilometer (650 mil) dengan Laut Arab dan Teluk Oman di bagian selatan, berbatasan dengan negara Afghanistan dan Iran di bagian barat, India di bagian timur dan China di arah timur laut. Perbatasan internasional bersama antara Pakistan dGRAan Afghanistan disebut “Durand Line.” Batas ini didirikan pada 1893 dan panjangya sekitar 2240 kilometer. Tajikistan terletak sangat berdekatan dengan Pakistan, namun dibatasi oleh daratan sempit yang disebut Koridor Wakhan. Pakistan terletak secara strategis di antara daerah-daerah penting di Asia SelatanAsia Tengah, dan Timur Tengah. Jumlah penduduk pakistan per 2005 adalah 162.493 jiwa. Terdapat beberapa suku bangsa yaitu : Punjabi 56,4 %, Urdu 7,6 %, Indo-Iran 18,5 %, Suku-suku utara 2,0 %, lain-lain 15,5 %. Bahasa resmi yang dipakai adalah bahasa Urdu. Mayoritas beragama islam dengan 96 % penduduknya. Sedangkan untuk agama Hindu dan Kristen masing-masing hanya sekitar 1,5-2 % dari populasinya.

                Topografi Pakistan secara bentang alam sebagai berikut :

Gurun Thar adalah gurun yang terbentang di bagian tenggara Pakistan dan berbatasan dengan negara India. Gurun Thar yang merupakan dataran pasir telah diairi dengan irigasi, terutama di dekat daerah Sungai Indus, sehingga cocok untuk pertanian. Pakistan berada di daratan utara dari suhu tropis yang terkenal dengan suhu iklim ekstrimnya yang biasa disebut torpis of cancer. Topografi yang didominasi oleh pegunungan tinggi menyebabkan iklim Pakistan juga disebut iklim benua. Suhu Pakistan bisa mencapai suhu ekstrimnya, itu dapat dirasakan pada saat musim panas di bulan juni yang bisa mencapai 38-47 derajat C, sedangkan pada musim dingin bisa mencapai 4 derajat C.  Beberapa faktor yang meneybabkan iklim Pakistan :

  • Lokasi sub-tropis, menyebabkan suhu pada musim panas menjadi sangat tinggi.
  • Lokasi yang berbatasan dengan laut arab membuat suhu yang sangat kontras antara musim panas dan dingin di pantai.
  • Pengaruh topografi yang tinggi di barat dan di utara menyebabkan suhu tetap dingin sepanjang tahun.
  • Angin moonson menyebabkan terjadinya hujan pada musim panas
  • Depresi Barat yang berasal dari daerah Mediterania dan memasuki Pakistan dari barat membawa curah hujan di musim dingin. Siklus ini membuat perjalanan darat yang panjang dan dilingkupi sebagian besar kelembaban pada saat akan mencapai Pakistan.

KONDISI KEBUDAYAAN

Gambar

Nama Pakistan memiliki makna tanah yang murni dalam bahasa Urdu maupun bahasa Persia. Nama ini dicetuskan sebagai Pakstan oleh Choudhary Rahmat Ali, seorang tokoh gerakan Pakistan yang menerbitkan sebuah pamflet berjudul [Now or Never]]. Nama ini juga merupakan sebuah portmanteau dari nama-nama etnis utama yang terdapat di Pakistan yaitu : Punjab, Afgan, KashmIr, Sindh, dan Baluchistan. Mayoritas etnis yang mendiami pakistan adalah merupaka etnis Punjabi (provinsi Punjab); Sindhi (Sindh) Pashtun (NWFP) dan Balochi (Balochistan).  Dahulu, wilayah Pakistan saat ini merupakan situs dari kebudayaan kuno seperti budaya Neolitik, Mehrgarh dan Peradaban Lembah Sungai Indus. Dan merupakan bagian dari sejarah Veda, Persia, Indo-Yunani, peradaban Islam, dinasti Turki-Mongol dan kebudayaan Sikh melalui berbagai invasi. Sebagai akibatnya, tempat ini memiliki berbagai peninggalan berbagai dinasti seperti dinasti Persia, Khalifah Ummayah, kekaisaran Maurya, kekaisaran Mongol, kesultanan Mughal, kesultanan Sikh dan terakhir Imperialisme Inggris

Iklan

4 thoughts on “PAKISTAN (Geografi dan kondisi Budaya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s